4 Jenis Data Center Yang Wajib Anda Ketahui Sesuai Dengan Kebutuhan

f:id:hupaulina:20190805174639p:plain

Apakah anda berencana akan memasang data center? Jika demikian, apakah anda sudah mengetahui apabila terdapat beberapa jenis data center yang bisa anda pilih tersebut? Jika demikian anda memang harus mengetahui apa saja jenisnya karena ini sangat penting guna untuk menentukan jenis data center seperti apakah yang anda butuhkan.

 

Jenis-jenis data center

Sebelum anda mengetahui apa saja jenis data center, apakah anda sudah mengetahui apakah yang disebut dengan data center tersebut? Ya, data center ini merupakan sebuah fasilitas yang digunakan untuk menghubungkan sistem komputer beserta dengan perangkat-perangkatnya serta digunakan sebagai penyimpanan.

Data center ini sendiri dibagi menjadi 4 jenis. Untuk lebih jelasnya maka anda bisa menyimak penjelasan dibawah ini.

  1. Tier 1

Ini merupakan data center ya g mempunyai kualitas paling jelek dibandingkan dengan yang lainnya. Hal ini tidak lain karena tier 1 ini hanya akan menggunakan 1 jalur saja untuk kelistrikan dan pendinginan. Untuk data center yang satu ini ternyata juga tidak mempunyai komponen-komponen redundansi.

Sedangkan tingkat ketersediaannya sendiri bisa mencapai 99.671%. jenis data center yang satu ini sangat cocok digunakan bagi pemilik usaha kecil.

  1. Tier 2

Untuk tier 2 ini ternyata juga mempunyai satu jalur kelistrikan dan pendinginan saja. Tapi ada hal lain yang membedakan tier 1 dan 2 ini yakni tier 2 sendiri sudah dilengkapi dengan komponen redundansi dengan tingkat ketersediaan sudah mencapai 99,841%. Untuk jenis data center ini bisa digunakan untuk pemilik bisnis menengah.

  1. Tier 3

Lanjut ke jenis yang berikutnya yakni tier 3. Untuk tier 3 ini sendiri memiliki lebih dari satu jalur kelistrikan dan pendinginan. Tetapi hanya memiliki jalur aktif satu saja. Data center ini juga telah dilengkapi dengan adanya sistem redundansi dengan ketersediaan mencapai 99,982%. Tier 3 ini banyak digunakan oleh perusakan berskala besar

  1. Tier 4

Berbicara mengenai tier yang terbaik tentu jawabannya adalah tier 4 ini.  Dimana memiliki  lebih dari 1 jalur kelistrikan dan pendinginan. Selain itu, jalur di tier 4 ini juga aktif semua, memiliki komponen redundansi bahkan bisa toleran terhadap adanya kerusakan. Tingkat ketersediaannya bisa mencapai 99.995%. data center ini biasanya digunakan oleh perusahaan online ternama

Demikian jenis-jenis data center yang perlu anda ketahui dimana bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang anda miliki.

https://www.nexdatacenter.com/id/