Tips Memilih Asuransi Rumah Berkualitas

f:id:hupaulina:20160913183845j:plain

Asuransi rumah termasuk satu jenis asuransi yang sekarang ini dinilai memiliki fungsi yang cukup penting di masyarakat. hal tersebut mengingat kepemilikan asuransi untuk rumah menjamin pemilik rumah tetap tenang saat rumah yang dihuninya terkena musibah seperti bencana alam atau bencana lain.

 

Namun demikian, jika Anda ingin hunian Anda terjamin dengan tepat, Anda harus bisa memilih jenis asuransi yang sesuai kebutuhan dengan memperhatikan beberapa hal seperti:

Klausa polis

Salah satu prosedur yang harus Anda tahu adalah klausa polis, dimana dalam hal ini Anda harus paham betul kerusakan apa saja yang akan diganti oleh asuransi ketika rumah Anda tertimpa musibah. Contoh saat Anda mengasuransikan rumah karena khawatir akan terkena bencana banjir, maka Anda harus tahu apakah klausul tentang barang apa saja yang akan diganti bila musibah banjir benar-benar terjadi, sehingga Anda tidak merasa rugi selama berinvestasi.  

Nilai premi

Prosedur lain yang perlu Anda pikirkan adalah nilai premi yang harus dibayar selama ikut asuransi yang bersangkutan. Sesuaikan besaran nilai premi dengan kemampuan keuangan Anda sehingga pengeluaran lain yang sama pentingnya masih mampu Anda bayar dengan baik.

Masa tenor premi

Ketika Anda memilih asuransi yang berhubungan dengan rumah, perhatikan pula masa tenor atau jangka waktu bayar minimum sebelum Anda bisa menikmati fasilitas asuransi, karena terkadang ada perusahaan asuransi yang menetapkan perlindungan bisa dimanfaatkan setelah masa bayar melewati jangka waktu tertentu. Contohnya saat Anda menghubungi asuransi yang ternyata baru bisa dinikmati asuransinya setelah jalan 12 bulan angsuran, tetapi untuk asuransi lainnya bisa digunakan segera setelah diaktifkan.   

Perusahaan asuransi

Ketika Anda ingin mendaftar asuransi untuk rumah, pastikan perusahaan asuransi yang dituju memiliki kredibilitas yang sangat baik. Dengan demikian, Anda tidak akan merasa kecewa dengan layanan yang diberikan. Umumnya untuk mengetahui informasi mengenai perusahaan asuransi yang berkualitas, Anda bisa langsung mendatangi kantor penyedia asuransi yang bersangkutan, bertanya pada agen asuransi, maupun informasi via internet. Semoga bahasan diatas bisa membantu Anda menemukan asuransi rumah yang cocok.